Minggu, 05 April 2009

Traditional Dental Care


foto by markontie

Ini dia ramuan tradisional orang tua kita, Indonesia punya.... (smoga gak diaku-aku tetangga)

"DAUN SIRIH" (Piper Betle)

menurut orang tua kita, bahkan nenek moyang kita, daun sirih mempunyai khasiat untuk memperkuat gigi, bner gak sih? kalo usul gak boleh asal, kalo asal jangan usul....

ni dia menurut sumber wikipedia:

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

selengkapnya baca :

wikipedia

Pada acara penutupan sekaten, banyak eyang-eyang yang menjajakan daun sirih, "untuk apa?" untuk dikunyah....

Jadi paket "nyirih" dikemas dalam daun pisang yang dibentuk menyerupai kerucut, paket "nyirih" terdiri atas daun sirih, tembakau kering (kayak isi rokok), dan kuncup bungan kantil.

cara pemakaian :

1. Ambil kuncup bunga kantil didalam paket, lalu sematkan bunga kantil di kuping, buat cewe-cewe/ibu-ibu yang sanggulan (kondean), sematkan bunga kantil di konde. "Fungsinya apa?" supaya orang yang liat kita lagi "nyirih" jadi terkantil-kantil.... alias kecantol sama kita

2. Kunyah daun sirih sampe ancur... jangan sampe ketelen tapi.... "klo udah ancur gmn?" trus aja ampe bosen, baru dibuang

3. Bersihkan sisa "nyirih" tadi dengan tembakau, proses ini juga menambah aroma khas tembakau pada mulut

4. Proses terakhir adalah yang paling penting, NYENGIR, khan gigi kita dah tambah kinclong

Smoga tradisi "nyirih" ini gak ilang dimakan waktu, seiring berkembangnya inovasi perawatan gigi modern.

1 komentar:

Steph Josh mengatakan...

Daun sirih memang terkenal sejak dulu sebagai warisan budaya Indonesia untuk pengobatan tradisional. Mari kita lestarikan terus.
Steph @ sewa mobil jakarta