Jumat, 23 Januari 2009

the level of taste (part II)

dalam menilai rasa sebuah makanan, ada beberapa faktor luar yang mempengaruhi rasa makanan itu, atau dengan kata lain faktor luar yang membuat kita dapat menilai rasa makanan bukan hanya dari rasa makanan itu sendiri, diantaranya:

-Laper

faktor ini sering banget menipu kita, kadang kita makan makanan yang sebenernya rasanya biasa aja, tapi karena kita dah laper banget, rasa makanan itu jadi lebih enak, terlebih bila kita sudah mencium bau makanan yang sedang dimasak. pasti rasa makanan itu jadi lebih enak.

tips: datanglah lain waktu, ke tempat dan pesan menu yang sama, tetapi dengan keadaan perut normal(tidak lapar, tidak kenyang)

-nostalgia

ada kalanya kita berkunjung kembali ke suatu tempat makan yang memorial buat kita, dengan masakan yang dahulu berkesan dan enak, tetapi makanan di tempat ini belum tentu enak buat orang lain yang tidak punya kenangan di tempat itu. misalkan orang tua kita dahulu sering makan di gudeg yu X,dan disana tempat mereka berdua pertama kali bertemu, sewaktu kita makan di tempat itu, ternyata rasanya biasa aja, tapi kata orangtua kita itu gudeg yang paling enak. 

tips: ajak orang lain yang belum pernah ke tempat itu, dan biarkan lidah "suci" menilai rasa makanan yang sesungguhnya

-harga

fenomena harga baru saya sadari sewaktu saya kuliah di jogja, banyak tempat makan yang ramai dikunjungi padahal rasanya nggak karuan. memang kadang kita perlu membandingkan tingkat rasa makanan berdasarkan harga, kita tidak bisa membandingkan steak kampung bebalut tepung rp.15.000 dengan steak US rp.150.000 . 

tips: bandingkan rasa makanan dengan harga yang tidak terpaut jauh, intinya it's best for it's price.

3 komentar:

nuwie mengatakan...

ihhh,,iya..
hihihi pngalaman pribadi nih yg mknan enak krn nostagila...
hahaha kbanyakan di dongengin mamah papah si... ;D

Daud_23 mengatakan...

ada satu lagi ge... namanya : mood

kalo lagi jelek, apa aja pasti rasanya ga enak..
begitu juga kalo lagi terlalu bagus, misalnya kalo lagi fall in love, trus dateng b2 sama pasangannya ke tempat makan.. apa aja pasti rasanya enak.. ato bahkan ga ada rasanya sama sekali... yang dia rasain manis terus, padahal sebenernya mereka lagi makan gulai padang..

tips : konsep tempat makan harus mendukung dengan rasanya, misalnya kalo mau bikin restoran pasta, usahakan konsepnya minimalis artistik,, fungsinya adalah menetralkan suasana 'mood' penikmatnya jadi mendukung buat ngerasain indahnya pasta.. heheeu

*maap yah nambah2in dikit

Angling-PiGee mengatakan...

Hihihi,,
Lanjut terus petualangan di dunia kuliner anda juragan,,
Hehehe